Perbedaan Router Dan Switch

Perbedaan Router Dan Switch

 

Switch

Switch Merupakan perangkat jaringan yang bekerja di layer 2 OSI layer. Switch secara bentuk memang hampir mirip dengan router namun yang membedakan nya adalah fungsinya.
Fungsi uatama dari sebuah switch adalah menerima paket data, yang selanjutnya akan di teruskan ke alamat yang telah di tujukan. Switch hanya dapat bekerja pada satu jaringan saja. Switch ini merupakan perangkat yang bekerja dengan metode full duplex yakni menerima dan mengirim data/paket dapat di lakukan pada satu waktu bersamaan.
Fungsi lain dari switch sendiri yaitu sebagai repeater penguat sinyal saat pengiriman data, selain itu juga sebagai pemecah data yang akan dikirim ke tujuan.

Router



Router merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada layer 3 OSI. Router dari sisi bentuk memang mirip dengan switch, namun secara fungsi dan kegunaan sangat jauh berbeda namaun juga ada yang sama.
Fungsi Router yang paling utama sebagai penentu rute atau jalur kemana paket data akan di kirim.
Kelebihan router di banding dengan switch adalah router dapat mengirimkan paket data yang saling berbeda jaringan, dan juga dapat menghubungkan kedua / lebih jaringan, fungsi tersebut dinamakan  routing.
Untuk fitur yang ada di dalam router salah satunya adalah DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) Yaitu dapat di setting untuk memberikan IP address secara otomatis kepada setiap client yang terhubung.
 




0 Response to "Perbedaan Router Dan Switch"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel