Apa Itu Linux Os ? || Linux

Apa Itu Linux Os ?

 

PENGERTIAN 

Linux merupakan sebuah OS yang berbasis Open Sources, yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia.

LATAR BELAKANG

BLC Telkom Klaten ini juga mengikuti KPLI (Komunitas Pecinta Linux Indonesia), dengan demikian kita juga harus mengikuti hal yang sudah berjalan sebelumnya. Selain itu dalam dunia IT Linux adalah hal wajar, karena sangat cocok untuk konfigurasi selain itu linux Open Sources.

MAKSUD DAN TUJUAN

Semua paham dengan linux, karena untuk selanjutnya kita akan menggunakan Linux untuk selanjutnya.

ALAT DAN BAHAN

- PC/Laptop
- Koneksi Internet
- Modul Linux

JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

08.00 - 16.00 WIB

MATERI

FILOSOFI OPEN SOURCE
 
“The basic idea behind open source is very simple : When programmers can read, redistribute, and modify the source code for a piece of software, the software evolves. People improve it, people adapt it, people fix bugs. And this can happen at a speed that, if one is used to the slow pace of conventional software development, seems atonishing. We in the open source community have learned that this rapid evolutionary process produces better software than the traditional closed model”
Artinya :
Ide dasar dari open source adalah sangat sederhana: Bilamana programer dapat membaca, mendistribusikan, dan memodifikasi kode sumber (listing) untuk sebuah software, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Orang memperbaikinya, orang beradaptasi, orang memperbaiki bug. Dan ini akan menyebabkan terjadi pada percepatan pengembangan perangkat lunak, jika salah satu digunakan untuk memperlambat pengembangan perangkat lunak
konvensional, tampaknya tidak masuk akal. Kami dalam komunitas open source telah belajar bahwa proses evolusi ini akan cepat menghasilkan software yang lebih baik daripada model tertutup tradisional.
 
APA ITU FOSS (FREE OPEN SOURCE SOFTWARE)?

Program/Aplikasi yang tidak perlu biaya izin (free = bebas) digunakan dan kode sumbernya tidak dirahasiakan (open = tersedia), sehingga cara kerjanya dapat dipelajari, lalu dikembangkan, dan disebarluaskan. Software komputer yang menyertakan source code / kode programnya, dan mengizinkan kita untuk melakukan apa saja dengannya.
Mengapa Harus Pakai Linux ?
1. Free, artinya Linux itu tidak berlisensi sehingga tidak ada yang namanya Linux itu bajakan.
2. Open Sources, untuk orang IT yang paham kodenya bisa di ubah
3. Bebas Virus, kebanyakan orang virus yang dibuat adalah untuk windows jarang yang membuat virus untuk Linux.
4. Ringan, berbeda dengan windows Linux lebih enteng/ringan. 

HASIL YANG DI DAPAT 


Semuanya paham dengan Linux, serta alasanya.

TEMUAN PERMASALAHAN



Banyak dari teman-teman semua belum mengenal Linux yang sebenarnya.

KESIMPULAN


Linux merupakan OS Open Sorces, sehingga semua orang bisa mengubah kode-kodenya.

Referensi


E-Book Pengenalan Sistem Operasi Linux




0 Response to "Apa Itu Linux Os ? || Linux"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel