OSI LAYER || DATA LINK LAYER

OSI LAYER || DATA LINK LAYER



PENGERTIAN


Merupakan layer kedua dari bawah OSI Layer yang akan mengubah data dari layer sebelumnya menjadi frame-frame jaringan yang berisi data Lapisan data-link menawarkan layanan pentransferan data melalui saluran fisik. 

PERANGKAT YANG DIGUNAKAN

perangkat pada layer ke 2 ini adalah 
1. switch 
2. bridge



FUNGSI

Didalam lapisan data link terdapat fungsi Acknowledgment untuk sebuah frame yang sukses diterima, dan beberapa protokol bahkan tidak memiliki fitur pengecekan kesalahan transmisi (dengan menggunakan checksumming). Lapisan ini bertanggung jawab dalam membuat frame, flow control,koreksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal.

PEMBAHASAN


Di beberapa jaringan, seperti jaringan area lokal IEEE 802, lapisan data link dideskripsikan secara lebih rinci dengan media akses kontrol (MAC) dan sublayers kontrol tautan logis (LLC); ini berarti bahwa protokol IEEE 802.2 LLC dapat digunakan dengan semua lapisan MAC IEEE 802, seperti Ethernet, token ring, IEEE 802.11, dll., serta dengan beberapa lapisan MAC non-802 seperti FDDI. Protokol data-link-layer lainnya, seperti HDLC, ditetapkan untuk menyertakan kedua sublayers, meskipun beberapa protokol lain, seperti Cisco HDLC, menggunakan pembingkaian tingkat rendah HDLC sebagai layer MAC dalam kombinasi dengan layer LLC yang berbeda. Dalam standar ITU-T G.hn, yang menyediakan cara untuk membuat jaringan area lokal berkecepatan tinggi (hingga 1 Gigabit) menggunakan kabel rumah yang ada (saluran listrik, saluran telepon dan kabel koaksial), lapisan data link dibagi menjadi tiga sub-lapisan (konvergensi protokol aplikasi, kontrol tautan logis dan kontrol akses media).

PROTOKOL YANG DIGUNAKAN

protokol yang bekerja dalam layer ini adalah 
1. ISO/IEC 7666
2. X.25 (LAPB)
3. Token Bus
4. X.222
5. ISO/IEC 8802-2 LLC Type 1 and 2.
6. PTP
7. HDLC


FUNGSI DATA LINK 

1. pengalamatan fisik melalui MAC address

2. eror notification

3. frame flow control

3. topologi network





Sumber Referensi



Data Link Layer.pdf


0 Response to "OSI LAYER || DATA LINK LAYER"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel