IPv6 & IPv4 || Basic

IPv4 dan IPv6

Pengertian IP 

IP, merupakan singkatan dari Internet protokol , merupakan sebuah nomor biner yang di berikan untuk sebuah komputer yang terdiri dari 32 - 128 bit.


LATAR BELAKANG

Dimasa sekarang kebutuhan internet semakin banyak, dan karena semakin banyaknya kebutuhan internet makan semakin banyak pula IP yang di butuhkan. Untuk mencukupi itu maka dikembangkan IPv6 yang awalnya hanya IPv6.

MAKSUD DAN TUJUAN

Untuk memberi penjelasan tentang IPv4 dan IPv6

HASIL YANG DI HARAPKAN

- Mengetahui IPv4 dan IPv6
- Dapat menemtukan bagian-bagian IPv4 dan IPv6

ALAT DAN BAHAN

- Laptop
- Internet

Ada berapa jenis pengalamatan IP ?


Di bumi ini pengalamatan IP sudah di bagi menjadi 2 yaitu :
1. IPv4 (Version 4)
2. IPv6 (Version 6)

1. IPv4

IPv4 merupakan sebuah nomor biner yang terdiri dari 32 bit, dengan 4 oktal. Secara teoretis dapat mengalamati hingga 4 miliar host komputer atau lebih tepatnya 4.294.967.296 host di seluruh dunia.
Dibawah ini adalah contoh penulisan ipv4


Alamat IPv4 terbagi menjadi beberapa jenis, yakni sebagai berikut:
  • Alamat Unicast, merupakan alamat IPv4 yang ditentukan untuk sebuah antarmuka jaringan yang dihubungkan ke sebuah Internetwork IP. Alamat unicast digunakan dalam komunikasi point-to-point atau one-to-one.
  • Alamat Broadcast, merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh setiap node IP dalam segmen jaringan yang sama. Alamat broadcast digunakan dalam komunikasi one-to-everyone.
  • Alamat Multicast, merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh satu atau beberapa node dalam segmen jaringan yang sama atau berbeda. Alamat multicast digunakan dalam komunikasi one-to-many.
Untuk IPv4 terdapat pembagian kelas-kelasnya, berikut adalah tabelnya :




2. IPv6

IPv6 merupakan sebuah nomor biner yang terdiri dari 128 hexa desimal. alamat IPv6 memiliki panjang 128-bit. IPv4, meskipun total alamatnya mencapai 4 miliar, pada kenyataannya tidak sampai 4 miliar alamat, karena ada beberapa limitasi, sehingga implementasinya saat ini hanya mencapai beberapa ratus juta saja. IPv6, yang memiliki panjang 128-bit, memiliki total alamat yang mungkin hingga 2128=3,4 x 1038 alamat. Bisa dibayangakan betapa banyaknya ;>
Berikut adalah bentuk dari penulisan ipv6 :
IPv6 mendukung beberapa jenis format prefix, yakni sebagai berikut:
  • Alamat Unicast, yang menyediakan komunikasi secara point-to-point, secara langsung antara dua host dalam sebuah jaringan.
  • Alamat Multicast, yang menyediakan metode untuk mengirimkan sebuah paket data ke banyak host yang berada dalam group yang sama. Alamat ini digunakan dalam komunikasi one-to-many.
  • Alamat Anycast, yang menyediakan metode penyampaian paket data kepada anggota terdekat dari sebuah group. Alamat ini digunakan dalam komunikasi one-to-one-of-many. Alamat ini juga digunakan hanya sebagai alamat tujuan (destination address) dan diberikan hanya kepada router, bukan kepada host-host biasa.

Untuk alamat ipv6 sendiri ukuran atau panjanngnya bisa di kompres, untuk cara nya bisa di lihat di gambar di bawah :





KESIMPULAN

 Bahwa IP di Bumi ini dibagi menjadi dua yaitu IPv4 dan IPv6



Referensi

- https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP 
- https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP_versi_4
- https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP_versi_6

0 Response to "IPv6 & IPv4 || Basic"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel