Fungsi DNS Server || BPN

DNS (Domain Name System)

|| BPN



Pengertian


DNS merupakan singkatan dari Domain Name System atau Sistem Penamaan Domain sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet. 

Fungsi DNS


Fungsi dari DNS adalah memudahkan setiap orang untuk menghafal dan mengakses ke web server tertentu, karena sebenarnya setiap alamat/situs web itu semuanya memiliki IP.

Selain itu fungsi dari DNS adalah untuk menerjemahkan hostname menjadi IP atau IP menjadi hostname .

Cara kerja DNS



Bisa dilihat dari gamabar di atas, jika kita ingin mengunjungi suatu situs web, terlebih dahulu yang di tuju merupakan DNS server, jika di satu DNS server tidak terdapat alamat web kita tuju, maka DNS server tersebut akan menanyakan lagi ke DNS server ke 2.

Jika sebuah sebuah situs telah di temukan alamat IP nya DNS akan menyampaikna ke PC client tersebut bahwa alamat tersebut berada di server saya, dengan demikian web site yang kita cari telah bisa di akses menggunakan nama Domain.

Contoh:


jika kita masuk ke terminal atau CMD lalu kita ping google.com maka akan muncul alamat ip dari website yang kita tuju, dan jika kita masukan IP ke web browser akan muncul website Google.



Referensi 

0 Response to "Fungsi DNS Server || BPN"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel