KONSEKUENSI TERLAMBAT

KONSEKUENSI TERLAMBAT



PENGERTIAN

- Definisi dari konsekuensi yaitu resiko atau damapk yang timbulkan dari suatu
  hal yang lakukan atau dikerjakan seseorang .
- Definisi terlambat secara singkat yaitu melebihi batas waktu yang telah di
  tentukan

LATAR BELAKANG

BLC Telkom merupakan sebuah badan industri yang sangat memperhatikan tentang kedisiplinan. Disiplin disini slah satunya adalah disiplin waktu, bagi siapa saja yang telat masuk PRAKERIN walaupun 1 menit saja mereka akan mendapat konsekuensi sharing selama satu hari penuh.

Konsekuensi sharing bagi siapa saja yang telat merupakan salah satu cara yang diterapkan oleh BLC Telkom untuk membentuk karakter disiplin kerja.

MAKSUD DAN TUJUAN

- Membentuk karakter disiplin
- Melatih bicara di depan umum
- Membentuk rasa tanggung jawab

HASIL YANG DI HARAPKAN

Semua siswa yang PRAKERIN di BLC Telkom mempunyai karakter disiplin, serta mempunyai rasa yanggung jawab pada pekerjaanya. 

ALAT DAN BAHAN

-

JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

- 26/03/2018

- 08.00 - 16.00 WIB

PEMBAHASAN 

BLC Telkom merupakan sebuah badan industri yang sangat memperhatikan tentang kedisiplinan. Disiplin disini slah satunya adalah disiplin waktu, bagi siapa saja yang telat masuk PRAKERIN walaupun 1 menit saja mereka akan mendapat konsekuensi sharing selama satu hari penuh.

Konsekuensi sharing bagi siapa saja yang telat merupakan salah satu cara yang diterapkan oleh BLC Telkom untuk membentuk karakter disiplin kerja, apalagi di bidang IT.

Disiplin waktu dibidang IT adalah hal yang sangat penting, karena jika kita telat beberapa detik saja maka akan mengakibatkan kerugian yang besar. Jika di analogikan, ibarat kamu membuat sebuah program agar mobil dapat berhenti sendiri jika di depanya adanya ada yang menghalanginya, jika program yang kamu buat gagal maka disaat mobil itu di gunakan di jalan raya dan tiba-tiba ada seseorang yang melintas di depanmu, maka ia akan tertabrak mobil tersebut, walaupun hanya telat beberapa detik saja.

Pada hari itu teman kami yang telat ada empat anak yaitu:
1. Syafii
2. Agung
3. Bagas
4. Zumar

Sesuai dengan konsekuensi yang ada mereka berempat akan sharing satu hari penuh pada hari itu, untuk materi yang dibawakan bebas tidak ada yang membatasi.

Untuk yang pertama kali sharing adalah Syafii, ia sharing tantang Mikrotik sesuai dengan modul MTCNA 2012. Syafii sharing mulai dari bab awal hingga bab monitoring. Jika di urutakan materinya adalah :
1. Pengertian, jenis-jenis, dan fitur yang ada di Mikrotik Router Board dan
    Router OS.
2. Installasi Router OS
3. Cara reset Mikrotik
4. Basic configuration: pemberian identity, penambahan user, DHCP server,
                                       DHCP client, NTP, pemberian IP Address, monitoring
                                       ping flood, traceroute, torch, resource, dan CPU load.

Yang kedua sharing adalah Agung, walaupun dia adalah anak RPL ia juga sharing mengenai Mikrotik untuk melanjutkan dari Syafii sesuai modul MTCNA 2012. Agung menjelaskan tentang :
1. Cara menembak WI-FI dan menyebarkanya  dengan media WI-FI juga.
2. Cara membuat hotspot login.
3.  Mengganti tema login hotspot.

Yang ketiga adalah Bagas, ia sharing mengenai Mikrotik juga, dengan materi yang di bawakan adalah materi bridge, sesuai dengan modul MTCNA 2012

Yang terakhir adalah Zumar, ia adalah anak RPL sama seperti Agung kali ini Zumar sharing tentang materi RPL, dengan materi yang di bawakan adalah :
1. Fungdi dan kegunaan tag div.
2. Cara membuat tampilan html sederhana.


HASIL YANG DI DAPATKAN

- Lebih paham lebih banyak tentang Mikrotik.
- Disiplin adalah hal yang penting. 

TEMUAN PERMASALAHAN

-  Mikrotik tidak terdeteksi di winbox

KESIMPULAN

Konsekuensi bukanlah hukuman, tetapi konsekuensi adalah bentuk tanggung jawab dari seorang pekerja dalam melaksanakan pekerjaanya. Dengan adanya konsekuensi harapanya adalah seluruh siswa magang di BLC Telkom menjadi siswa yang disiplin.

REFERENSI

- Teman-teman BLC Telkom

 

0 Response to "KONSEKUENSI TERLAMBAT"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel