SWITCH LAYER 2 Vs 3 Vs Router Os

SWITCH LAYER 2 Vs 3 Vs Router Os


Assalamualaikum Wr.Wb

Kembali lagi di Blog RegTech, kali ini saya akan membahas tentang Switch di layer 2 OSI, Switch di layer 3 OSI, dan juga MiktoTik.
Pasti bagi yang belum tahu pasti bertanya-tanya

PENGERTIAN

SWITCH : Merupakan Perangkat yang di gunakan untuk meneruskan data dalam satu jaringan.
ROUTER : merupakan perangkat yang diguankan untuk merutekan jalanya paket data, dan bisa di gunakan untuk beda jaringan.

LATAR BELAKANG

Dalam menegenal OSI layer terdapat perangkat yang sama namanya tetapi terdapat di beda layer, dengan begitu kita harus tahu bedanya antar perangkat tersebut.

MAKSUD DAN TUJUAN

Mengetahui Perbedaan antara switch layer 2, Switch layer 3 dan juga Router Os

HASIL YANG DI HARAPKAN

Mengetahui perbedaan setiap perangkat yang ada di antara layer 2 dan 3 OSI.

ALAT DAN BAHAN

- Laptop/PC
- Internet

JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

2 jam

MATERI

  • Apasih perbedaan Switch di layer 2 dan layer 3, Serta Router Os ?
Mari kita Lihat Perbedaan  :

1. SWITCH LAYER 2

Ini adalah gambar dari switch biasa yang sering kita lihat. Ini adalah switch dengan 24 port. Switch dengan model ini berfungsi menerima informasi dari berbagai sumber yang tersambung dengannya, kemudian menyalurkan informasi tersebut kepada pihak yang membutuhkannya saja. 

Switch akan memforward data yang dikirim tetapi hanya dalam satu jaringan, contohnya : 
sebuah lab mempunyai 20 PC, dengan 1 server yang terhubung dengan internet dan sebuah router bagaimana cara menghubungkan 20 PC tersebut ?
caranya, Koneksi internet yang masuk pasti melewati router dan router tersebut pasti terkoneksi dengan Server, dan server akan dihubungkan dengan SWITCH. Server akan mensetting router tersebut dengan IP 192.168.1.1 lalu akan disetting dengan mode DHCP pastinya range dari DHCP akan dimulai dari 192.168.1.3 - 192.168.1.x ( x disini tergantung yang mensettingnya mak 254 ). 
Pasti 20 PC tersebut akan mendapat IP anatara 192.168.1.2 - 192.168.1.x .
IP ROUTER : 192.168.1.1
IP SERVER  : 192.168.1.2
IP Host        : 192.168.1.3 - 192.168.1.x
inilah yang dimaksud dengan 1 jaringan yaitu 3 nomor dari Net ID  nya sama.

2. SWITCH LAYER 3

Switch layer 3 ini sangatlah istimewa, kenapa dikatakan istimewa karena, hanya 1 vendor yang memilikinya yaitu CISCO.Inc. Lalu apa perbedaan dengan SWITCH LAYER 2 ?
Switch Layer 3 bisa di sebut dengan MLS ( multi layer switch ), bedanya dengan switch layer 2 yaitu terdapat system operasi didalamnya, OS yang digunakan yaitu IOS. IOS adalah akronim dari Internetwork Operating System, yang digunakan oleh Cisco Router dan saat ini di gunakan juga oleh Cisco Switch.
Switch milik Cisco ini seperti namanya yaitu multi berati Switch ini bisa dijadikan 2 fungsi yaitu fungsi Switch, fungsi Router, maupun secara bersamaan switch dan router, Switch milik Cisco ini adalah Switch kelas atas dengan harga yang sangat mahal jadi jarang yang memakainya, lalau jika kalian ingin mencoba mengoprasikanya bisa memakai CISCO PACKET TRACERT keluaran cisco yang dalamnya sudah lengkap dengan berbagai alat jaringan.

3. Router Os

Merupakan sistem operasi untuk router yang di gunakan oleh vendor MikroTik, MikroTik sendiri adalah sebuah perusahaan yang berpusat di Latvia. Berbeda dengan router Cisco yang bisa di jadikan switch, mikrotik ini full sebagai Router. Mikrotik bisa menghubungkan 2 jaringan yang berbeda network, karena setiap port pada mikrotik dapat diisi IP sendiri. Mikrotik sendiri mempunyai level, untuk para pengguna Mikrotik RouterOS hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuannya masing-masing, mulai dari 
- level 3, hingga level 6. Secara singkat, level 3 digunakan untuk router berinterface ethernet,
-   level 4 untuk wireless client atau serial interface, 
-   level 5 untuk wireless AP, dan 
-   level 6 tidak mempunyai limitasi apapun.  

Untuk aplikasi hotspot, bisa digunakan level 4 (200 pengguna), level 5 (500 pengguna) dan level 6 (tidak terbatas).

HASIL YANG DI DAPAT

Paham dan tahu perbedaan setiap perangkat 

TEMUAN PERMASALAHAN

Pertamanya memang sulit untuk mengetahui perbedaanya karena namanya sama-sama switch dan bentuknya mirip. secara fungsi juga hampir sama.

KESIMPULAN YANG DI DAPAT

walaupun bentuknya mirip setiap perangkat mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri

Mungkin itulah secara  singkat dari blog RegTech dalam menjelaskan "SWITCH LAYER 2 Vs 3 Vs Router Os" Jika ada kesalahan dalam materinya bisa memberi saran yang positif lewat komentar.

Wassalmualaikum Wr.Wb

0 Response to "SWITCH LAYER 2 Vs 3 Vs Router Os"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel